JAKARTA, memograph- Anda pelaku usaha? Pedagang? Ingin mencoba cara baru berdagang secara digital? Tiga tahap penting ini perlu Anda ketahui sebelum memulainya. Pertama, kenali pelanggan baru dengan tools di platform digital. Kedua, manfaatkan platform e-commerce. Ketiga, ketahui tren yang diminati pasar.
Tiga hal tersebut terungkap dalam Webinar Digital Ekonomi dengan tema Ayo Jualan Online yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi dan Dharma Wanita Persatuan Kemkominfo di Jakarta pada Rabu (17/3).
Narasumber yang dilibatkan dalam webinar tersebut pun qualified di bidangnya. Sebut saja di antaranya, Dora Songco selaku Product Marketing Manager Google Indonesia dan Bayu Ramadhan sebagai Vice President Group Head of Merchant Marketing Gojek Indonesia.
Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka mendukung program UMKM Go Digital itu, menggaris bawahi bahwa literasi digital bagi pelaku UMKM adalah penting. Sehingga sektor yang terpuruk akibat pandemi semakin cepat bangkit.
Dora Songco menguraikan tiga tahapan penting yang perlu diketahui pelaku UMKM sebelum menjalankan usaha secara digital. Pertama, mengenal dan menemukan pelanggan baru dengan beberapa tools atau perangkat tersedia di platform digital. Kedua, memanfaatkan platform e-commerce atau marketplace.
”Itu akan membantu pelaku usaha untuk meningkatkan efektifitas kinerja pada bisnis online. Dan cobalah untuk mengubah mindset bahwa platform digital tidak mempersulit kinerja,” terang Dora.
Ketiga, sambung Dora, mencari tahu tren yang saat ini sedang banyak diminati pasar yang dapat membantu dalam mengembangkan peluang bisnis.
Sementara Bayu Ramadhan mengungkapkan, pemanfaatan platform digital menjadi sebuah kesempatan untuk bergerak dalam memaksimalkan ranah digital. ”Seperti Gojek memiliki beragam program yang bisa dimanfaatkan oleh pemula untuk memulai mengembangkan bisnis, termasuk pelatihan intensif dalam memanfaatkan fitur-fitur yang ada,” bebernya.

Dua Resep Manjur ala Nanny Hadi Tjahjanto
Webinar tersebut juga menghadirkan istri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, yakni Nanny Hadi Tjahjanto. Ketua Umum Dharma Pertiwi tersebut men-share kiat sukses membangun Ladara. Ladara Indonesia merupakan salah satu e-commerce yang membantu pengembangan UMKM di Indonesia.
Ladara merupakan marketplace yang diinisiasi oleh istri-istri TNI yang kemudian dapat dimanfaatkan masyarakat umum.
”Ada dua resep manjur yang bisa dipertimbangkan untuk memenangkan persaingan bisnis di era digital. Yakni pertama harus menarik perhatian dalam segi produk maupun dari hal pemasaran. Dan kedua, membangun komunitas-komunitas,” ungkap Nanny bersemangat. (*/brg)